Ketika Sedang Mengajar Kitab Kuning, Waled Abu Bakar Paloh Menghadap Ilahi


Belum kering tangisan air mata duka di tanah Serambi Mekkah, kini salah seorang ulama berpengaruh di Aceh khususnya Pidie Waled Abu Bakar Paloh Simpang Tiga Pidie, kembali ke pangkuan Ilahirabbi pada Kamis sore 25 Agustus 2016 pukul 15.30 Wib. Sosok Tgk Abu Bakar Maddin atau yang lebih populer di panggil Waled Paloh merupakan  pimpinan Dayah Nurul Faizin Simpang Tiga, Pidie dan juga Alumni Dayah MUDI Mesjid Raya, Samalanga.

Menurut pantauan di kediaman almarhum,para pengunjung dan pelayat berduyun berdatangan kerumah duka guna melakukan shalat jenazah. Kepergian almarhum dalam kondisi yang sangat mengharukan dan husnul khatimah Insya Allah, ketika itu waled sedang mengajarkan kitab gundul alias kitab kuning kepada muridnya, tiba-tiba Waled sambil duduk, beliau perlahan-lahan merebahkan tubuhnya.

“Waled ketika itu sedang mengajari para murid belajar kitab dan ini merupakan rutinitas beliau setiap hari, tiba tiba waled terjatuh sambil duduk bersela,” ungkap Tgk. Hafifuddin salah seorang putra al-marhum yang juga guru senior Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kamis malam tadi.

Kepergian Waled membawa duka yang sangat mendalam bukan hanya masyarakat Simpang Tiga, bahkan Pidie dan Aceh pada umumnya. ia merupakan ulama rujukan umat dan masyarakat dalam segala problema dan persoalan yang terjadi ditengah masyarakat. Menurut catatan redaksi dalam sebulan ini, sudah banyak ulama kharismatik Aceh yang sangat berpengaruh telah kembali membelakangi bumi ini, musibah apalagi yang akan menimpa bumi Iskandar Muda ini. Rasulullah Saw menegaskan ulama sebagai penerusnya, juga menegaskan wafatnya para ulama sebagai musibah.

Rasulullah bersabda: “Meninggalnya ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tidak bisa ditambal. Wafatnya ulama laksana bintang yang padam. Meninggalnya satu suku lebih mudah bagi saya dari pada meninggalnya satu orang ulama” (HR al-Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al- Iman dari Abu Darda’)
Mohon di Share

Rujukan :Klikkabar.com
Previous
Next Post »